Cara Mengganti Chip Printer R230

Cara mengganti chip printer epson R230 adalah sebagai berikut:
 

1. Lepaskan dulu cartridge yang bertanda silang pada monitor, hal ini disebabkan karena chip pada cartridnya tidak terdeteksi/kotor/rusak (tapi jangan lupa printernya harus dalam posisi mode menggati cartridge, kemudian cabut kabel power printer sehingga posisi head carriednya tidak berubah).
 

2. Setelah dilepas, lihat cartrid ujung depan bawah kan ada rangkaian elektronik tuh, itulah yang namanya chip deteksi cartridnya.
 

3. coba periksa kontak-kontaknya dulu pada chip tersebut mungkin hanya kotor, kalo kotor bersihkan dengan alkohol, kalo sudah bersih bekas tintanya bersihkan lagi dengan penghapus pensil biar bening tuh konektor, dan setelah bersih coba pasang lagi cartridnya pada tempatnya semula dan hidupkan printer, dan jika masih ada tanda silang kembali ke step no.1,
 

4. Lepaskan chip pada cartrid tersebut dengan cara potong pengunci plastiknya dan conngkel keluar pelan-pelan.
 

5. Cari cartridge bekas yang asli/kompatible tapi sudah tidak terpakai yang sesuai dengan cartridge warna yang rusak tersebut (semua warna sih bisa asalkan jangan chip cartrid yang warna hitam saja) dan gantikan.
 

6. Chip yang baru dipasang direset dulu dengan resetter (banyak dijual di toko-toko komputer untuk mereset chip cartridge epson).
 

7. Pasang kembali cartidge yang sudah diganti chipnya tersebut dan hidupkan kembali printer.

Artikel Terkait Epson :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy