service printer athaprint Mengatasi Epson R230 Tidak Bisa Narik Kertas | athaprinter

Sabtu, 01 Desember 2012

Mengatasi Epson R230 Tidak Bisa Narik Kertas


Problemnya dikarenakan debu yang nempel di kertas dan nyangkut di roller karet kertas (maaf kalo tidak tau bahasa tepatnya). Saya biasanya ngalami ini kalo sering ngeprint bolak-balik pakai kertas double side matte. Tapi yang paling parah kalo pakai kertas double side matte motif kulit.

Solusinya adalah:
Coba  lihat di bagian dasar dari tray penampung kertas. Ada berupa roller karet warna abu-abu. Letaknya di bagian kiri kalo melihatnya dari belakang printer. Itu yang harus kita bersihkan dengan spritus. Siapkan spritus dan chamois (chamois itu yang buat kendaraan bermotor, saya biasa makai merek Intra). Jangan pakai kain. Gunting chamois agar ukurannya lebih kecil agar gampang. Di salah satu sudut chamois ini, beri spritus. Masukkan chamois yang sudah diberi spritus ini ke dalam tray dan harus kena ke roller karet ini. Gunakan satu jari untuk memegang. Setelah itu tekan tombol penarik kertas di printer. Printer seolah-olah akan menarik kertas. Roller akan berputar dan dibersihkan dengan spritus tadi. Jaga jangan sampai chamois tertarik. Hati-hati. Cobalah dua atau tiga kali. Bila chamois kotor, gunakan sudut yang lain. Biarkan printer selama beberapa saat. Saya biasanya mematikan printer dan membiarkannya sekitar 15 menit hingga 30 menit.

Saya sering menggunakan cara ini untuk Epson R230 saya. Saya juga pernah mencobanya untuk Canon iP 1700. Waktu itu saya print kertas double side matte motif kulit. Setelah itu, printer jadi susah untuk narik kertas HVS 80 gsm.
thumbnail
Judul: Mengatasi Epson R230 Tidak Bisa Narik Kertas
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Epson :

7 komentar:

  1. Terima kasih atas ide "gilanya", bro...!

    BalasHapus
  2. Oke broo sama",.....wkwkwkwkkkkkkkk

    BalasHapus
  3. saran yang bermanfaat, kalo chamois detialnya apa gan ?

    BalasHapus
  4. bisa di coba nih.. :-)
    btw chamois itu yang kayak gimana gan ?

    BalasHapus
  5. kalau pake alkohol 70% (alkohol apotik) bisa gak bos ?

    BalasHapus
  6. dahsyat jg ide nya tapi yo punyaku berhasil hore,,,

    BalasHapus

close