Mengapa cartridge setelah diisi ulang tinta tidak penuh di indikator printer

Untuk Katrid yg sudah diisi ulang, tidak akan terdeteksi lagi kapasitas tinta oleh indikator tinta di printer. karena :

1. Katrid tidak mempunyai sensor indicator tinta, patokannya hanya berapa banyak kartrid telah digunakan, misal seperti ini..

Kita beli katrid baru, katrid sudah set bahwa banyaknya halaman yg dpt dicetak adalah 100 lembar (misal). Apabila banyakanya halaman yg telah dicetak sudah mencapai 90 lembar maka printer akan mengirimkan sinyal agar kita sudah harus siap2 mengganti katrid.

Apabila 100 lembar sudah dicapai atau terlampaui maka printer akan memberi tahu bahwa katrid sudah kosong dan harus diganti. Walaupun kita melakukan isi ulang, counter 100 lembar tidak akan berubah menjadi 0 kembali, katrid akan tetap mendeteksi bahwa tinta sudah habis dipakai dan harus dilakukan pergantian.

Namun untungnya kita tetap dapat melakukan pencetakan dgn mengabaikan peringatan tersebut sampai katrid rusak( tidak terdeteksi / mampet).

2. Pihak produsen printer memang tidak merancang agar katrid bisa diisi ulang, malah mereka berupaya sebisa mungkin agar umur katrid cepat rusak agar costumer melakukan pembelian tinta asli, karena taktik marketing mereka adalah menghasilkan uang dari produk consumable mereka (tinta, etc) bukan dari penjualan printer.


intinya, selama masih bisa dipakai print, peringatannya diabaikan saja gan.

Artikel Terkait Brother, Canon, Cara Merawat Printer, HP, Kode Error Canon :

3 comments:

  1. setuju ...... kalau untuk kaum bisnis kecil2an ya harus menggunakan prinsip yang berlawanan dengan pabrik... gunakan catrid sampai benar2 tidak bisa dipakai lagi.....

    BalasHapus
  2. owwh begitu.... akhirnya wa bisa tidur nyenyak...
    terima kasih informasinya...

    BalasHapus

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy