Cara Membersihkan Head Printer Epson R230

Jika "rusaknya" head disebabkan tersumbat oleh kerak tinta atau kotoran lainnya -- dan kebanyakan memang dikarenakan hal ini, masih dapat tertolong oleh ISA.

Tapi jika headnya sudah cacat secara fisik, misalnya kegores, nampaknya terpaksa dilembiru(Lempar beli yang baru)

    Pada tahap dini, biasanya head cukup ditetesi beberapa tetes, dibiarkan sekitar semenit, kemudian dilap / dikeringkan dengan kain atau tisue yang lembut.


    Jika belum berhasil, ditetes ulang dengan tetesan agak banyak, dibiarkan sekitar 5-10 menit dengan kondisi tetap basah oleh ISA, dan kemudian dibersihkan.


    Untuk "noda yang bandel", kadang perlu waktu lebih lama. Secarik kain / kapas dibasahi dengan ISA, kemudian ditempelkan pada head printer selama 2 jam sampai semalaman, dan perlu diperhatikan supaya kain/kapasnya tetap lembab / basah. Kita memakai bantuan kain / kapas mengingat ISA mudah menguap. Pada umumnya permasalahan head yang parah tersumbatnya dapat diselesaikan pada tahapan ini.


    Jika ternyata sampai tahap ketiga di atas belum beres juga, kita hanya punya kesempatan mengulanginya semalaman sekali lagi saja. Kalau berhasil, pada keesokan harinya sudah dapat kita nikmati. Tetapi kalau tetap tidak berhasil, berarti sudah terjadi kerusakan secara fisik, dan tidak dapat kita tolong lagi.

Semoga bermanfaat

Artikel Terkait Brother, Canon, Cara Merawat Printer, Epson, HP, Tips Merawat Catride :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy