Cara Mengatasi Paper Jam Printer Epson L110

Printer merupakan kebutuhan yang cukup penting di abad modern seperti ini untuk mendukung beberapa kebutuhan pekerjaan. Sering kali sebuah printer mengalami masalah seperti paper jam, kehabisan tinta, cartridge rusak, dan lain sebagainya. Cara mengatasi paper jam printer Epson L110 akan dijelaskan secara sederhana dalam artikel ini. Sebaiknya, ketika printer anda mengalami masalah maka anda harus segera memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut, membiarkan begitu saja mesin printer yang sedang bermasalah akan dapat membuat kerusakan yang lebih parah pada printer anda. Penggunaan yang tepat serta perawatan yang baik akan sangat mendukung kinerja mesin printer anda agar senantiasa baik.

Masalah paper jam pada mesin printer memang sering sekali ditemui. Permasalahan seperti ini dapat dengan mudah diatasi apabila mengenali dengan benar penyebab dari paper jam tersebut. Biasanya printer Epson mengalami paper jam disebabkan oleh kertas yang terlalu tipis atau terlalu tebal, karet roller pada printer kotor, pengisian kertas yang terlalu banyak pada papertray, dan kondisi kertas yang jelek. Cara mengatasi paper jam printer Epson L110 bisa dilakukan setelah mengetahui beberapa penyebab seperti yang telah dijelaskan tadi.

Cara mengatasi paper jam printer Epson L110 yang paling baik adalah mencegah terlebih dahulu agar printer anda tidak mengalami paper jam. Pertama, gunakanlah kertas standar seperti 70 dan 80 gsm untuk mengeprint, kertas yang terlalu tipis dan terlalu tebal akan berpotensi menyebabkan printer anda mengalami paper jam. Selanjutnya gunakanlah siku pembatas pada papertray agar proses pencetakan bisa dilakukan dengan baik. Lalu anda sebaiknya jangan menggunakan kertas bekas atau kertas yang sudah lecek agar tidak memicu paper jam, gunakanlah kertas yang baik, pastikan juga kertas tidak saling menempel satu sama lain. Kemudian jangan memasukkan kertas yang terlalu berlebihan pada papertray, gunakan seperlunya saja maksimal 50 persen terisi dari kapasitas printer Epson, jangan berlebihan supaya tidak mengalami masalah. Jika anda ingin mengeprint dalam jumlah yang banyak, anda bisa memasukkannya lagi ketika kertas sudah akan habis. Satu lagi yang lebih penting, jangan lupa untuk membersihkan rollerprinterdenga kain atau kertas agar dapat tetap membantu kinerja printer.

Nah, ketika pencegahan sudah dilakukan dan ternyata printer anda masih juga memiliki kendala paper jam, maka untuk mengatasi paper jam printer Epson L110 bisa anda coba untuk memperbaikinya sendiri. Pertama, pastikan mesin printer anda sudah off, lalu cabut kabel dan USB dari printer. Bukalah mesin printer anda dengan hati-hati, periksalah dengan seksama apakah ada serpihan kertas yang tersangkut pada mesin, jika ada maka segera bersihkan. Pasang kembali printer anda dengan baik, colokkan kabel pada sumber daya dan USB pada PC, hidupkan mesin printer anda, jika tidak ada pesan peringatan, maka coba gunakanlah printer anda untuk mencetak. Jika tidak bisa juga, maka jangan melakukan tindakan yang lebih jauh, sebaiknya anda segera membawa mesin printer anda ke tukang servis terdekat. Masalah paper jam ini mungkin disebabkan oleh mesin penarik kertas pada printer yang sudah rusak, sehingga dibutuhkan tenaga ahli untuk memperbaikinya.

Nah, demikianlah sedikit cara untuk menjaga mesin printer anda agar tidak mengalami paper jam dan juga cara terbaik untuk mengatasi paper jam printer Epson L110. Selebihnya, silahkan anda terapkan sendiri beberapa cara yang sudah dijelaskan dalam artikel ini untuk printer. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait Brother, Canon, Laserjet, Samsung :

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy