Memperbaiki Error E08 Canon Mp145

thumbnail
Kalo Tidak salah itu kode kalo absorber full, waste ink full. coba reset aja: 1. Matikan printe...

Pasang Infus Pada Printer HP

thumbnail
Langkah gunakan infus pada printer hp yang benar, menginfus printer tambah baik dari pada isi ...

Penyebab Paper Jam Pada Printer

1. Gunakan kertas 70-80 gsm, kertas 60 gsm terlalu tipis dan sering bikin 
paper jam. Juga kertas2 bekas yang sudah lecek, jangan dipakai.
 
2. Karet roller printer kotor. Bersihkan permukaan roller2 di printer dengan kain yang dibasahi kertas (atau lebih baik gunakan kanebo).
 
3. Jangan memasukkan kertas terlalu banyak atau terlalu sedikit di tray paper. Idealnya diisi 10-30 lembar (atau kira2 50% dari kapasitas maksimal tray paper).
 
4. Jepit kertas dengan siku2 penjepit di tray paper printer, jangan sampai longgar posisinya.
 
5. Kalo ke-4 hal diatas sudah dilakukan dan masih paper jam, ada 2 masalah di printer tsb: ada benda2/ sisa kertas yang nyangkut di dalam printer atau mekanis penarik kertas mulai rusak.
1. Gunakan kertas 70-80 gsm, kertas 60 gsm terlalu tipis dan sering bikin  paper jam. Juga kertas2 bekas yang sudah lecek, jangan dipak...

Mengatasi Error E05 Canon Mp258

thumbnail
Di indikator layar perinter muncul kode error E05,itu berarti tidak pas dudukan catridgenya..bia...

Tips Memilih Printer

Sama halnya layaknya menentukan computer, kadang-kadang kita bingung mengambil keputusan dapat beli printer apa yang pas untuk keperluannya. bagaimana menentukan printer yang pas dengan keperluan anda ? untuk menolong mengambil keputusan printer mana yang pas buat anda, awalilah dengan pertanyaan mendasar perihal rutinitas printing anda, layaknya :

-Berapakah banyak halaman yang di-print didalam 1 bulan ?
-Type dokumen apa yang kerap di-print ? terhitung warna print 
 yang sangat kerap digunakan ( hitam atau berwarna )
-Apakah kerap mem-print photo ?
-Apakah memerlukan manfaat copy, scan serta fax ?
-Berapakah dana yang dihabiskan untuk nge-print ?

Tersebut sebagian masalah sekitar printer yang kerap dihadapi customer beserta jalan keluarnya.

Masalah 1 :
halaman yang di-print sedikit, namun kerap nge-print gambar serta photo berwarna, dan memakai scanner serta mesin fax. di lain segi biaya untuk kepentingan printing terbatas ? atau terus-terusan memakai percetakan digital ?

Jalan keluar :
untuk masalah diatas, anda dapat menentukan printer inkjet all-in-one yang dapat digunakan untuk print, copy, scan sekalian fax. dengan printer layaknya ini, anda dapat memperoleh banyak manfaat cuma didalam satu product. disamping itu cost suplainya ( layaknya pembelian tinta ) juga dapat ditekan. tidak sama pastinya dengan percetakan digital/cetak digital.

Masalah 2 :
tiap-tiap hari kerap nge-print dokumen teks serta spreadsheet, tidak problem cuma memakai tinta hitam. namun inginkan printer yang reliable serta dapat mengatasi volume printing didalam jumlah besar.

Jalan keluar :
pastikan printer monochrome laser. monochrome laser tawarkan biaya per page yang murah, cocok untuk pengguna yang kerap nge-print didalam volume banyak. dari segi harga, printer ini dapat dijangkau customer dikarenakan harga nya tidak mahal. disamping itu, printer ini biasanya dapat di-share ke jaringan hingga pengguna lain dapat memakainya yang ujung-ujungnya menolong meminimasi biaya perusahaan. makin canggih satu mesin digital, pastinya harga makin mahal.

Masalah 3 :
kerap nge-print banyak halaman dengan tinta hitam, namun juga memakai tinta warna bila dokumen ditujukan untuk klien. masalahnya utamanya yaitu menginginkan biaya per page yang murah.

Jalan keluar :
pastikan printer laser berwarna. dengan printer ini, anda dapat mem-print brosur dengan profesional, dokumen klien sekalian menghemat waktu serta duit dari pada mesti outsourcing dokumen berwarna. pelanggan juga dapat menggunakan printer ini tiap-tiap hari tanpa butuh beli alat tambahan. kita barangkali kerap lihat di area jual plotter serta print sebagian plotter indoor ataupun plotter outdoor. ini dapat jadi pengetahuan untuk kita.


Jalan keluar printing mana yang paling baik, tentunya bergantung dari keperluan anda tiap-tiap.
Sama halnya layaknya menentukan computer, kadang-kadang kita bingung mengambil keputusan dapat beli printer apa yang pas untuk keperluanny...

Mengatasi Epson L100 Tinta Tidak Keluar

thumbnail
Apakah telah masukin IDnya, ? --> Kalo sudah apakah telah melakukan initial charge yang la...

Cara Perawatan Printer

1. Matikan printer waktu tidak digunakan
 

2. Pakai printer dengan periodik -+ 3x dlm 1minggu
janganlah biarlah printer nganggur berbulan bln. krn dapat mengakibatkan mulut semprot/cetak buntu yg menyebabkan hasil print tidak prima.
untuk printer yang jam kerjanya tinggi,,, contoh percetakan ( abaikan panduan no. 2 ).. upayakan pasokan tinta janganlah telat. isikan tinta sebelum saat catrid kering/habis keseluruhan tintanya. perihal ini berlaku untuk seluruh user
 

3. Bila pingin tidak terlampau repot didalam pengisian tinta,, pasangkan modif ciss ( continous ink supply system ) atau orang kerap katakan dengan arti gunakan infus.
 

4. Cermati tegangan listrik dirumah anda, upayakan didalam voltase standar alat
 

5. Elektronik ( 220v ). berlebihan tegangan atau ketidakstabilan tegangan arus listrik bisa mempercepat rusaknya printer anda, apalagi dapat mengakibatkan printer mati tidak dapat dinyalakan lagi.
 

6. Bila berlangsung rusaknya yang anda tidak dapat tangani sendiri,, disarankan segera bawa ke service paling dekat dr rumah anda yang anda yakin kepadanya.
 

7. Bila anda abaikan panduan ke 6, dapat mengakibatkan rusaknya yang menyebar atau jadi tambah kronis. dapat ada alat lain yang rusak bila lama tidak dipakai / lama tidak aktif.
1. Matikan printer waktu tidak digunakan   2. Pakai printer dengan periodik -+ 3x dlm 1minggu janganlah biarlah printer nganggur berbulan ...

Mengatasi Error E05 Pada Canon Mp280

Menangani error e05 pada canon mp280 ada di antara cartridge tidak dikenali, itu dapat dikarenakan memanglah cartnya mati / rusak atau dikarenakan akibat pemasangan selang / knee pada cartridge warna yang kurang prima.

Untuk meyakinkan cobalah lepaskan selang serta knee dari cartridge, lantas gunakan kembali, bila terus memberikan error e05 mungkin saja cartridge telah rusak serta butuh diganti namun bila tidak bermakna butuh di perbaiki instalasi infusnya ( bila memanglah dipasangi infus )

Untuk masalah 1, circuit cartridge yang bermasalah
jalan keluarnya :
1. bersihkan circuit cartridge dengan tissue kering, yakinkan tak ada bekas noda tinta di bagian tersebut. bila ditemukan sisa tinta bisa di bersihkan dengan tissue yang dibasahi dengan alcohol 70%.
2. bersihkan juga connector circuit di bagian printer, pakai tissue kering, bila ada noda tinta, dapat memakai tissue beralcohol layaknya langkah 1 namun jgn lupa kabel power printer di cabut terlebih dulu.
3. sesudah seluruh telah dibersihkan cobalah pasangkan cartridge kembali, bila telah sukses dikenali, gunakan kembali perlengkapan infusnya, bila terus error bermakna circuit telah rusak serta butuh diganti.

Untuk masalah 2, instalasi tidak prima.
jalan keluarnya :
1. cermati sisi penutup cartridge pada printer, umumnya sisi knee untuk warna merah ( di atas ) dapat mengganjal penutup cartridge, mengakibatkan circuit cartridge tidak dapat melekat dengan prima.
2. lepaskan penahan cartridge pada penutup cartridge ( yang berwana gading / putih ) lantas buat coakan / celah pas sisi yang bersua dengan knee merah pada cartridge.
3. sesudah selesai bikin celah tersebut pasangkan kembali perlengkapan infus pada cartrige lantas dicoba kembali.
Menangani error e05 pada canon mp280 ada di antara cartridge tidak dikenali, itu dapat dikarenakan memanglah cartnya mati / rusak atau dik...

Tips Membeli Printer Bekas

1. Tentukan printer yang spare partnya banyak ada di pasaran om, soalnya bekas... sukur harga sparepart nya jg murah
 

2. Teliti kelengkapan baik itu ; printer, katrid, kabel data, kabel power / adaptor, cd driver, paper tray jika memang ada.
 

3. Teliti hasil, teliti apakah hasil cetak seluruh warnanya normal & yakinkan hasil cetakan tidak blobor tetapi tajam ( baiknya bawa kertas sendiri )
 

4. Teliti hasil apakah hasil cetakan presisi atau tidak, miring2 kronis jika ngeprint tabel atau ngga.. jika miringnya gak terlampau itu lumrah. contoh merk : conan ( baiknya bawa kertas ).
 

5. Baiknya jauhi beli printer bekas tanpa dites dengan computer !
 

6. Tanyakan ada atau tidaknya garansi, walau hanya periode pendek tapi kan lumayan om
 

7. Selamat bernegosiasi ^_^

1. Tentukan printer yang spare partnya banyak ada di pasaran om, soalnya bekas... sukur harga sparepart nya jg murah   2. Teliti kelengkapa...

Kerugian Menggunakan Printer Infus

1. Warna cetakan lantas gelap / tidak cemerlang, lebih-lebih bila cetak warna dapat beda
2. Hasil cetakan bergaris, blobor, untuk ukuran font kecil tidak tajam
3. Printhead mampet, satu diantara warna tidak keluar, lantas demikian cetak warna lantas ngaco warna nya
4. Garansi printer hilang
5. Boros kertas, kerapkali mesti cetak kembali dikarenakan hasil cetak perihal pertama gagal
6. Buang waktu, dikarenakan kita lantas repot sendiri cocok pengin cetak printernya error serta mesti bolak balik telp teknisi atau datang ke lokasi untuk reparasi
7. Cost perbaikan yang tidak jelas ( cost siluman ) serta efek printer rusak
8. Type tinta refill yang dipakai tidak jelas cii-ciri nya, jadi efek hasil cetak kurang baik serta buat printhead macet
1. Warna cetakan lantas gelap / tidak cemerlang, lebih-lebih bila cetak warna dapat beda 2. Hasil cetakan bergaris, blobor, untuk ukuran fo...

Cartridge HP21 Ada 2 Jenis

cartridge hp21 ada 2 jenis, yang pertama bawaan dari printer a. k. a introductory serta yang ke-2 yaitu original dari beli baru lagi dengan kata lain brand new in box. untuk kapasitasnya memanglah yang introductory cuma sedikit lebih kurang 5ml. serta untuk yang bnib barangkali lebih kurang 10ml an.

langkah bedain introductory atau ngga cukup gampang, dibagian pantat cartridge kan ada sticker warna putih bertuliskan kode gitu,mencari saja yang tak ada huruf ssss tentu deh itu cartridge berisi banyak, atau jika dengan langkah lain ya di tengok dari kode di sticker, pada c9351a serta c9351g, jika yang a itu berisi banyak, jika yang g berisi sedikit dengan kata lain introductory.

namun jika contohnya printer gan ts support atau dapat dipasang dengan jenis hp27( memiliki bentuk sama juga dengan hp21 ) gan mendingan pakai yang jenis hp27 dikarenakan berisi dijamin banyak.
cartridge hp21 ada 2 jenis, yang pertama bawaan dari printer a. k. a introductory serta yang ke-2 yaitu original dari beli baru lagi dengan...

Permasalahan Pada Printer Laserjet

1. paper jams ( kertas terjepit )
kertas yang lembab atau tidak layak bisa mengakibatkan paper jams atau terjepit, mesin printer yang kotor oleh debu yang melekat pada kertas terkadang bisa juga mengakibatkan kertas terjepit. bila paper jams berlangsung pada printer anda, bukalah penutup printer serta coba untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut dengan langkah menarik kertas keluar searah dengan arah keluarnya kertas. bersihkan serta dilap permukaan ban penggulung atau roller dan sisi-sisi saat mesin gunakan kain yang lembut. pemasangan penggulung kertas, pengait kertas, roda gigi, dan sensor yang kurang pas bisa mengakibatkan kertas terjepit serta untuk perihal ini dibutuhkan seorang teknisi yang tahu perihal troubleshooting printer. saat anda coba melepas kertas yang terjepit upayakan senantiasa mengeluarkan kertas searah dengan arah keluarnya kertas.

2. kertas hasil cetak berkerut / wrinkle/ kriting
pengait pada penggulung kertas yang telah usang / aus bisa mengakibatkan kertas hasil cetak berkerut. ukuran kertas yang tidak cocok dengan pemasangan sensor batas pencetak bisa juga mengakibatkan kertas berkerut. kertas yang lembab atau tidak kering benar bisa juga membuahkan keluaran yang berkerut. coba untuk sesuaikan ukuran kertas dengan path pengait-penggulung serta upayakan memakai kertas yang mulus serta bersih.

3. garis-garis pada lembar cetak
bila cetakan halaman kertas ada garis-garis hitam, perihal ini karena oleh sebagian pemicu, umumnya perihal ini karena oleh terdapatnya benda asing yang melekat pada scanner atau kaca pemantul. bila persoalan tidak ada pada kaca pemantul mungkin saja ada pada unit imaging. bila anda mempunyai cartridge yang lain ( kian lebih satu ) dianjurkan anda ganti cartridge dengan yang lain yang sekiranya bagus. perihal ini bisa menangani permasalah di atas. bila printer menggunakan system multi-komponen ( drum, toner, pengembang yang tiap-tiap unit terpisah ), ini bikin persoalan makin rumit. tetapi salah satunya tentu ada yang punya masalah. toner umumnya tak ada problem. bila ada garis hitam besar/ lebar pada halaman cetak, umumnya karena oleh drum yang telah aus atau lemah, serta butuh diganti dengan drum yang baru untuk menangani problem tersebut.

4. titik-titik hitam pada halaman
bila ada garis ada titik-titik hitam layaknya taburan toner pada lembar cetak, problem umumnya ada pada unit pengembang cartridge. serta umumnya perihal ini sukar untuk dibetulkan jika ganti dengan yang baru pengembang yang berkaitan. bila titik hitam diulang atau ada urut kebawah pada lembar cetak, umumnya ada cacat atau benda yang melekat pada unit drum. usaplah dengan kain halus untuk menyingkirkan benda asing yang melekat atau ganti drum bila ada lubang kecil pada permukaan drum. tetapi problem ini dapat juga ada pada sensor pencetak yang kotor serta bila demikianlah maka mesti diservis sekalian jika sangat mungkin.

5. lembar cetak kosong / tidak rata
bila ada garis terang atau tempat kosong / buram pada hasil cetak, perihal ini dikarenakan oleh toner yang menipis atau belum membaur prima. yakinkan anda mempunyai serbuk toner yang cukup didalam cartridge yang bisa meraih drum. problem lain barangkali dikarenakan oleh kenyataan bahwa permukaan drum tidak bisa menyentuh toner dikarenakan unit penyaring wiperblade, dr. blade yang telah aus/ keras. ini bermakna anda mesti ganti komponen yang berkenaan. kerapkali persoalan bukan hanya ada pada mesin atau cartridge, namun pada kertas. didalam perihal ini kertas lembab atau memiliki kandungan minyak hingga toner atau tinta tidak bisa melekat dengan prima pada kertas. ini umumnya layaknya titik terang atau corengan buram pada lembar cetak. bila anda kurang meyakini, yakinkan senantiasa memakai kertas yang bersih serta kering untuk lihat hasilya.

6. double focus / imaging
pemicu utama dari double focus / imaging pada halaman yaitu didalam pengaturan pemasangan pengatur / fuser assembly yang tidak cocok. gabungan yang tidak pas pada drum serta toner juga mungkin saja pemicunya. jarang sekali produsen yang membuahkan komponen yang tidak pas dengan pengaturan fusernya. sebagian type printer terkadang tidak jalan normal dengan interupsi aplikasi yang anda pakai barangkali salah didalam pemakaian tinta yang mengakibatkan problem. aturlah interupsi aplikasi anda pada pencetak melewati berapakah jumlah titik per inci ( dot per inch ) / dpi.

7. garis melintang pada halaman
area ampas atau pembuangan toner pada cartridge barangkali penuh. ubah serta bersihkan area pembuangan. koneksi / jalinan yang kurang pas pada unit imaging dengan mesin bisa juga mengakibatkan perihal ini. bersihkan jalinan / penghubung dengan kain atau handuk. mungkin saja toner cartridge tidak terpasang prima pada pencetak atau salah gunakan drum. atau ubah dengan cartridge yang lain serta ini dapat menangani problem.

8. halaman gelap
mungkin saja dikarenakan idensitas di-set terlampau pekat, cobalah terangkan focus/ image. sebagian printer mempunyai control idensitas tersendiri. drum yang telah aus mungkin saja problem dan mutu toner yang buruk dapat juga lantas pemicunya. sebagian toner dipasaran mempunyai kepekatan yang kurang baik, oleh dikarenakan itu cobalah atur idensitas yang di idamkan layaknya memakai toner dari djava print dimana kepekatan dari toner dijamin bagus serta menyerupai original. bila terus berlanjut, segera hubungi kami. printer anda mesti dibersihkan keseluruhan dari kotoran yang ada pada lensa internal, jalur kertas, koneksi-koneksi serta pemantul. djava print juga menolong perawatan printer bila dibutuhkan dengan gratis ! ! !, hingga customer tidak terganggu aktivitasnya.

9. bunyi tidak wajar
bila anda memakai toner cartridge, ubah dengan yang lain apakah persoalan dapat hilang, bila tidak hubungi teknisi djava print. sebagian persoalan umumnya cuma dapat dikerjakan oleh teknisi djava print. dikarenakan mungkin saja kipas, roda gigi, bodi mesin serta komponen elektrik yang lain yang punya masalah.
1. paper jams ( kertas terjepit ) kertas yang lembab atau tidak layak bisa mengakibatkan paper jams atau terjepit, mesin printer yang kotor...

Printer Laserjet 1020 Hitam Di Pinggir Kertas

Kalau pinggirnya hitam coba dilap dengan tisu kering kalau tidak juga bagus berarti drumnya sudah kena dan harus diganti, untuk pemakaian normal (kertas yang digunakan HVS bukan karton/kertas tebal) satu Catridge (full) baru bisa digunakan untuk mencetak min 5 Rim kertas (2500 lbr) bahkan lebih, kemudian bisa diisi ulang (pakai toner yang khusus untuk HP dan gunakan yang 1200 DPI karena hasilnya lebih tajam), biasanya setelah 5x (ada yang sampai 7x) isi ulang baru Drumnya diganti, kalau Drumnya sudah diganti tapi hasilnya tidak juga bagus maka harus ganti Wiper (pembersih toner yang melekat diDrum), semua part yang ada di catridge tersebut bisa diganti tapi yang sering rusak ya itu tadi Drum n Wiper. semoga bisa membantu

NB : Kalau mengganti Drum tersebut jangan lupa buka Wipernya dan perhatikan Toner yang ada dibawahnya karena sering ada sampah disini (sisa2 debu kertas) kalau seandainya ada buang aja sisa toner tersebut, karena walaupun Drum dan Wipernya baru maka hasilnya tidak akan maksimal, Rollernya jangan lupa dilap (satu arah) dengan tisu kering, btw jangan lupa pakai masker karena debu toner tersebut sangat berbahaya.
Kalau pinggirnya hitam coba dilap dengan tisu kering kalau tidak juga bagus berarti d rumnya sudah kena dan harus diganti, untuk pemakaian ...

Kelebihan dan Kekurangan Printer R230


Kelebihan R230:
•    Printer ini terkenal bandel alias gak rewel, makanya banyak diinfus.
•    Resolusi lumayan tinggi 5670 dpi dan lumayan cepet, jadi hasil print bisa lebih halus dan detil.
•    Printer ini pakai 6 warna: K,C,M,Y,LC,LM. LC dan LM sangat membantu untuk memproduksi warna-warna cerah. Logikanya, tinta itu seperti cat. Kalau dicampur akan semakin gelap. Beda dengan cahaya yang semakin dicampur semakin terang. Otomatis, kombinasi warna C dan M akan lebih susah menghasilkan warna terang dibandingkan kombinasi LC dan LM. Saya sendiri karena banyak mencetak warna terang, tinta Y, LC, dan LM lebih cepet habis.
•    Individual ink: kalau pake tinta original, ini membantu penghematan anggaran dan sampah yang dibuang (cinta lingkungan bo....), tapi kalo pake tinta infus emang gak ada gunanya.
•    Bisa langsung print on CD. Tips: kalau mau murah, pasang stiker di CD biasa trus cetak pakai tray-nya. Kalau mau lebih modal ya pake CD yang bisa dicetak langsung. Lebih gampang kalau cetak CDnya pake softwarenya langsung. 


Kekurangan:
•    Saya dan teman-teman mengalami beberapa masalah pada saat load paper. Masalah ini akan semakin parah jika menggunakan kertas yang tebal (kertas dengan ketebalan di atas 245 GSM tidak disarankan) dan/atau menggunakan kertas yang serbuknya terlalu mudah rontok. Ada merek-merek tertentu yang saya black list untuk digunakan bersama dengan printer ini. Kalau mau tahu, silahkan japri saja.
•    Mungkin ini adalah taktik dagang Epson, ada counter yang membatasi penggunaan printer. Counter ini terutama ada head (CMIIW). Pengalaman terdahulu, service centre cuma mereset dan membersihkan tempat penampungan tinta bekas (biaya 60rb). Kalo mau download softwarenya, silahkan cari di post teman-teman yang lain.
•    Waktu head cleaning: sangat membuang tinta. Tips: jangan terlalu sering cleaning --> boros tinta dan bikin head cepat aus. Saya tidak terlalu paham bagaimana teknik cleaning yang digunakan. Dugaan saya head juga digosok karena ada profil logam pada pad busa untuk cleaning.
•    Berani pasang infus, berarti printer harus selalu beroperasi. Minimal 1 kali sehari harus print tiap warna head. Bisa buat sendiri dan di auto schedule. Ada juga yang sediain di web, tapi saya lupa linknya. Kalau buat tinta aslinya: hasil pasti bagus, tapi saya belum pernah pakai untuk print (beli baru langsung di infus)
Pengalaman di Epson Service Centre emang sering di interogasi dulu waktu mau service centre. Apalagi kalau mau klaim garansi. Tapi tenang aja, kalau bisa jawabnya, garansi bisa di klaim kok. yang penting: hapus semua jejak. Kalau pasang infus, ya sebelum di bawa ke service centre infusnya di cabut ganti tinta yang asli, penting juga untuk pasang tabung penampung tinta buangan, jadi pad tinta di dalem printer tidak tercemar oleh tintan infus (kalau ada yang mau menganalisis jadi agak susah). Nah, yang saya gak tau, ada atau gak mekanisme menyimpan informasi tinta jenis apa yang pernah dipasang (ori atau palsu). Kalau di C87 saya tahu informasi ini tidak disimpan di printer. Saya tidak tahu bagaimana dengan R230. Kalau semuanya rapi, yakinkan aja service centrenya kalau kita pake tinta asli (kan yang asli dipasang waktu service), biasanya gak masalah. O ya, penting untuk ngeprint berulang-ulang dengan tinta asli terlebih dahulu sebelum di bawa ke service centre. Alih-alih supaya headnya cuma dikotori oleh tinta ori.
Kelebihan R230: •    Printer ini terkenal bandel alias gak rewel, makanya banyak diinfus. •    Resolusi lumayan tinggi 5670 dpi dan lumayan...

Cara Mengganti Chip Printer R230

Cara mengganti chip printer epson R230 adalah sebagai berikut:
 

1. Lepaskan dulu cartridge yang bertanda silang pada monitor, hal ini disebabkan karena chip pada cartridnya tidak terdeteksi/kotor/rusak (tapi jangan lupa printernya harus dalam posisi mode menggati cartridge, kemudian cabut kabel power printer sehingga posisi head carriednya tidak berubah).
 

2. Setelah dilepas, lihat cartrid ujung depan bawah kan ada rangkaian elektronik tuh, itulah yang namanya chip deteksi cartridnya.
 

3. coba periksa kontak-kontaknya dulu pada chip tersebut mungkin hanya kotor, kalo kotor bersihkan dengan alkohol, kalo sudah bersih bekas tintanya bersihkan lagi dengan penghapus pensil biar bening tuh konektor, dan setelah bersih coba pasang lagi cartridnya pada tempatnya semula dan hidupkan printer, dan jika masih ada tanda silang kembali ke step no.1,
 

4. Lepaskan chip pada cartrid tersebut dengan cara potong pengunci plastiknya dan conngkel keluar pelan-pelan.
 

5. Cari cartridge bekas yang asli/kompatible tapi sudah tidak terpakai yang sesuai dengan cartridge warna yang rusak tersebut (semua warna sih bisa asalkan jangan chip cartrid yang warna hitam saja) dan gantikan.
 

6. Chip yang baru dipasang direset dulu dengan resetter (banyak dijual di toko-toko komputer untuk mereset chip cartridge epson).
 

7. Pasang kembali cartidge yang sudah diganti chipnya tersebut dan hidupkan kembali printer.

Cara mengganti chip p rinter e pson R230 adalah sebagai berikut:   1. Lepaskan dulu cartridge yang bertanda silang pada monitor, hal ini d...

Mengatasi Epson R230 Tidak Bisa Narik Kertas

thumbnail
Problemnya dikarenakan debu yang nempel di kertas dan nyangkut di roller karet kertas (maaf kalo ...
 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy